BP SPAMS Desa Purwosari

BADAN PENGELOLA SARANA PENYEDIA AIR MINUM                                                                                                DAN SANITASI ( BP SPAMS )     “  TIRTA SARI  “

                                  Ds. Purwosari Kec. Tlogowungu Kab. Pati  Prov. Jawa Tengah Email : tirtasari34@ymail.com

 

    SEKILAS LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

TAHUN 2010  s/d  2013

 

  1. PENDAHULUAN

Badan Pengelola Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi ( BP SPAMS ) TIRTA SARI yang berkedudukan di Desa Purwosari bergerak di bidang pengelolaan air minum dan sanitasi hasil dari program yang berkelanjutan PAMSIMAS Tahun 2009.

Berdasarkan surat keputusan Kepala Desa No: 443.52/01/2010 tertanggal 14 Januari 2010 ,BP SPAMS “ TIRTA SARI “terbentuk ,dan atas dasar Rapat bersama pengguna air bersih TIRTA SARI pada tanggal 28 Pebruari 2010 di  Balai Desa Purwosari terjadi kesepakatan  di  antaranya  penentuan  tarif  dan  pembuatan AD ART sebagai acuan untuk

Pelaksanaan kegiatan BP SPAMS  Tirta Sari, cakupan wilayah pelayanan  adalah di dukuh pakel yang terdiri dari 537 Rumah dan 656 KK.

berawal dari Bulan Maret 2010,   Paska LKM  Sambungan Rumah sebanyak 241(SR), sampai akhir  bulan Desember 2010  sambungan baru sebanyak 70 unit , akhir bulan desember 2011 sambungan baru 31 unit, dan akhir desember 2012 sambungan baru 24 unit, sehingga jumlah sambungan rumah [SR] per desember 2012 sebanyak 366 unit (68% ), Sedangkan Rumah yang belum terlayani sebanyak 171 rumah ( 32 % ) dgn  jumlah 537

rumah di dukuh Pakel, sedangkan 370 rumah dan 475 KK di dukuh Sambikerep di layani Badan pengelola setempat ( SUMBER SARI )  hasil DAK tahun 2010 dengan cakupan wilayah di dukuh Sambikerep yg sampai saat ini sudah terdapat 143 SR ( sambungan Rumah ) atau 39 % dan  yg belum terlayani 227 Rumah atau 61 %.

Dalam penyusunan rencana kerja kami lakukan dengan  “ Pendekatan Kebutuhan “ atau“ demand approach “

 

  1. PEMELIHARAAN,PELAYANAN DAN PENGEMBANGAN

 

Pemeliharaan kami lakukan rutin tiap bulan karena sumur dan bak tower [bak resorvoir] lokasinya sama sehingga memudahkan kami untuk melakukan perawatan dan setahun sekali uji laborat, untuk menguras bak kami lakukan tiap tiga bulan sekali.      Pada bulan desember 2010 kami membuka aotleat baru sepanjang 360 meter yg kami salurkan di 2 rt (Rt, 06,07Rw. 02) yg lokasinya agak tinggi dari rt lainnya,sehingga dalam pendistribusian air hasilnya sama karena sebelumnya banyak komplin di wilayah tersbut.

Untuk  menjaga  kepercayaan  masyarakat  terhadap  BP SPAMS maka kami persiapkan

traker  dan  sebuah pompa  cadangan ( Pedrolo )  untuk  anstisipasi  jika  terjadi kerusakan

pada bulan January 2011 membeli satu set computer + program rekening pembayaran air, pada bulan juli dan agustus ikut membantu dalam kontribusi dana

 

 

 

 

 

 

 

 

pembuatan gorong gorong di Rw 02 dan  membeli satu set computer+modem untuk pelayanan pembayaran  rekening listrik serta membeli 2 meja computer 1 lemari arsip, pada bulan agustus 2011 membuat kantor BP SPAMS, pada bulan desember ikut dalam penyandang dana pembuatan pagar makam ,untuk  tiap tahun nya kami membuat kalender tirta sari . dan untuk kerusakan kami data di buku kerusakan , kami membuka sms & call center untuk layanan gangguan. Iuran pelanggan kami layani di kantor BP SPAMS Setiap tanggal 05 s/d  20 setiap bulanya dan kami bekerja sama dengan pihak bank untuk melayani pembayaran rekening listrik. Pada bulan Juli kami merubah dan menambah jaringan sepanjan 60 & 80 meter di Rt. 06 & 07 Rw. 02.

Pada saat lebaran tahun 2012 kami mendapat masalah kekurangan stok air dengan adanya urbanisasi mudik lebaran dan pemakaian yang bersama-sama sehingga solusi yang kami dapatkan adalah pembuatan tambahan ( bak tendon ) karena masyarakat pengguna di sosialisasi untuk membuat bak tendon di rumah-rumah kurang respon terkait masalah biaya untuk itu kami segera membuat RAB yang kami ajukan ke Pemerintah Desa dan di setujui , segera kami laksanakan pembuatan bak tendon di dekat pusat sumber dengan menelan biaya Rp. 47.000.000 (empat puluh tujuh juta rupiah ) dengan kapasitas 27 M3.

 

  • SOSIALISASI PHBS

UKK [ unit kerja kesehatan ] BP SPAMS mengadakan sosialisasi di masyarakat lewat pertamuan rt dan di sekolah- sekolah [SD] tentang pola hidup bersih dan sehat mulai dari cuci tangan dengan sabun pembuatan wc / jamban yang tertutup ‘’STOP BABS’’.  Upaya yang kami lakukan cukup signifikan terbukti di dukuh pakel yang di huni 537 Rumah sudah tidak di temukan lagi kasus BABS di sembarang tempat tidak seperti sebelum ada progam PAMSIMAS. Semua itu tak terlepas dari partisipasi dari masyarakat Desa Purwosari yang antusias dengan adanya program PAMSIMAS , sebagai wujud komitmen masyarakat pada bulan Pebruari 2012 warga masyarakat dukuh pakel juga telah mendeklarasikan desanya / dusunya bebas dari BAB di sembarang tempat atau ODF ( Open Defecction fre).

 

  1. KEUANGAN BP SPAMS

Adminitrasi BP SPAMS kami buat yang sederhana [ penerimaan,pengeluaran ] sehingga mudah di pahami dan dapat di pertanggung jawabkan isinya oleh bendahara BP SPAMS.

Buku kas kami buat [2] macam :

  • Kas bulanan [ iuran pelanggan ]
  • Kas pasang Bau [ SR ]

Saldo yang selalu kami laporkan setiap satu bulan kepada pemerintah desa yang selanjutnya di sampaikan kepada masyarakat [ Di tempel pada papan informasi Pamsimas ] dan setiap bulanya audit data ke DMAC / Fasilitator Keberlanjutan Kabupaten Pati. Adapun sumber

 

 

 

 

 

 

 

 

penerimaan terdiri dari :iuran pelanggan , iuran pasang baru vi dari bank sedang kan pengeluaran terdiri dari : biaya listrik, upah tenaga kerja,perlengkapan jaringan, kontribusi paguyuban kematian di dukuh Pakel dan biaya- biaya perawatan / kerusakan untuk selengkapnya terlampir di buku kas, untuk  saldo kas Kami simpan di rekening Bank BRI.

 

  1. KEGIATAN DI LUAR
  • Bulan September 2010 mengikuti pelatihan BP SPAMS di semarang
  • Dan di setiap tri wulan mengikuti pertemuan Asosiasi paguyuban BP SPAMS.
  • Mengikuti setiap kegiatan yang di adakan DMAC Kab. Pati
  • Ikut berkompetisi Desa Sasaran Hibah Intensif Desa ( HID ) Program PAMSIMAS Th, 2012 .
  • WORKSHOP Keberlanjutan BP SPAMS Perdesaan di Gitary Perdana Pati.
  • Pelatihan Kader AMPL Di Hotel Gresia Semarang
  • Pelatihan Penguatan Asosiasi di Hotel Semesta Semarang

Demikian laporan singkat kegiatan kami [ BP SPAMS TIRTA SARI ] Semoga dapat di jadikan bahan evaluasi ,kritik dan saran yang membangun yang kami harapkan untuk kemajuan keberlanjutan system pengelolaan yg lebih baik dan berkesinambungan.

Atas nama Badan Pengelola Sarana Penyedia Air Minum Dan Sanitasi ( BP SPAMS ) TIRTA SARI   kami memohon maaf yg sebesar-besarnya apabila selama  melayani banyak melakukan kesalahan .

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan